Jumat, 02 Agustus 2013

makanan tradisional dan tradisi di pontianak selama bulan ramadhan

Ehm...mau cerita dari mana ya????
gini ini , banyak yang mau diceritain malah puyeng :p:p:p

Dipontianak itu yah, sebenarnya banyak banget jajanan khas bulan puasanya..walaupun...makanan itu biasa juga tetap ada dibulan" lain. Tapiiiiii, paling laris ya di bulan ramdhan gini. Orang Pontianak itu, paling suka ngumpul" keluarga sembari nyemil dan minum kopi . Lanjut yaaa, kalau dirumah dede paling sering itu cemilan nya namanya kue bingke (rsanya ada banyak : ada bingke super, ubi,jagung,biasa,keju juga ada ), ada juga namanya kue samboza ( makanan yang ngebuatnya itu, keluarga habib alwi ) kue samboza ini sebenarnya cemilan orang keturunan arab yang melipir dipontianak, ada juga kue lemang , makannya pake opor ayam pasti enak banget deh #ngiler. Kalo minuman, ya mungkin samalah dengan daerah lain..ada juice,ada sup buah, ada es tebu, es cincau (paling laris), n es lidah buaya. Ayooo, teman" ada yang pernah ngerasain makanan yang dede sebutkan tadi gag? kalo gag ada, yuk kepontianak...hehehehehee .

Mau lihat gimana bentuknya cemilan tadi ??? ini, dikasi pic.nya aja ya...


   Ini namanya kue bingke ( rasa super yang kiri, rasa ubi yang kanan ) paling enak itu sebenarnya kue bingke buatan delima, tapi ini kemaren beli kue bingke buatan al fajar . 11 12 lah rasanya.


 Nah, kalau yang ini namanya lemang, pulut (beras ketan ) dimasak pake santan dimasukkan ke bambu terus dibakar . Enak banget kalo makannya ditambah sama opor ayam. #netes lagi lurnya ini :p



Ini dia, kue samboza cemilan arab ntuh...kaya risol gitu..tapi isi dalemnya kentang n daging tumis seperti makanan arab india gitu pake rempah" yang yahud dah rasanya.













Itu tadi makanan tradisional di kota pontianak, yang paling sering dijumpai dibulan ramadhan gini. Pokoknya, makanan favorite setiap keluarga dipontianak deh.

Eniweeeii, kita lanjut ke tradisi ya....

Tradisi dipontianak itu cukup unik ya kalau bulan ramdhan gini . Ada namanya malam selikuran/ Lailatul qadhar (malam ke 21 / atau tgl" ganjil dibulan puasa ) . Nah, dari malam tgl 21 ramadhan biasanya masyarakat pontianak itu pasang KERIANG BANDONG , sejenis lampu minyak tanah gitu..dipasang disetiap rumah" biar suasana puasa semakin semarak. Sekarang juga ada yang pake lampu" kerlap kerlip itu, ya buat yang udah modernlah ya. Tapi yang paling seru itu ya pake yang tradisionalnya..pake tiang bambu, diatasnya diletakkan sumbu dengan  minyak tanah keliling sumbu dipakein gelas aqua yang dipotong gitu..:D

Yang terakhir itu, festival MERIAM KARBIT (jedaaaarrr...jedeeeerrrr) ini dilakukan biasanya H-3 syawal sampe H+3 bulan Syawal. Yang paling meriah itu, malam H-1 syawalnya..karna pembukaan /perlombaan meriam karbit itu di resmikan oleh Walikota Pontianak. Mulai deh pertempuran setiap Gang yang ditepian sungai kapuas saling menyerang. Biasanya setiap gang itu, paling sedikit memiliki 5-6 meriam karbit. Oh iya, kriteria festival meriam karbit ini dinilai bukan hanya dari bunyi suaranya yang paling oke ya, tapi itu tuh..kekompakan setiap pemuda"nya yang bermain sportif dan hiasan" di sekitar gangnya. Oh iya, festival ini sudah pasti banyak disaksikan oleh masyarakat pontianak dan sekitarnya. Setiap jalan di gang maupun ditepi sungai yang ada cafe"nya, pasti rame banget.Mau jalan aja susyaaaah banget, yang enak itu ya rumahnya yang ditepi sungai trus tingkat 2, enak bisa liat dari rumah aja. Bunyi meriam karbitnya juga menggelegar, setiap rumah disekitaran meriam karbit pasti rumahnya bergetar kaya gempa bumi (hampir mirip) :D #jangan takut, pontianak gag ada gempa bumi, gag ada gunung aktifnya lhooo. 

Tahun ini aja, ada sekitar 300 Meriam Karbit yang siap bertanding dimalam takbiran nanti (sumber : Tribun Pontianak ). Gimana, makin semarak kan malam takbiran di kota pontianak? ada yang mau ke pontianak?? :p #tiket mahal . Gimana nie, tradisi di kota teman" lainya?? 

Ini dia penampakan keriang bandong dan meriam karbitnya


 Ini namnya keriang bandong ( tahun ini , festivalnya cuma di jalan H.rais a. Rahman / sungai jawi )

Ini meriam karbit, gimana berani mau nyulutnya gag?? :p:p 



ini juga meriam karbit.. saling menyerang setiap gang yang berseberangan . seru banget..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar